Wednesday 27 November 2013

Membuat Animasi Loading Sendiri Di PowerPoint - Halo sobat, saya akan memberikan materi untuk sobat yang gemar membuat atau mendesain PowerPoint, saya akan memberikan sobat sedikit tutorial untuk membuat Animasi Loading sendiri, namun cara yang saya buat ini sangat sederhana mungkin mohon maaf hika yang saya buat ini jelek. Fungsinya adalah biar presentasi sobat menjadi unik dan keren, membuat animasi loading ini biasanya terletak di awal slide jadi seolah- olah untuk membuka presentasi sobat butuh akses loading heheh. Singkat waktu jika sobat ingin tau caranya saya akan memberi tahu caranya lengkap dengan gambar!! berikut caranya.


  • Buka PowerPoint
  • Kita hanya butuh modal PowerPoint tanpa aplikasi lainnya ataupun gambar animasi ataupun gambar masukkan lainnya, disini kita akan membuat animasi loading secara manual.
  • Jika sudah, sobat buat slide baru kemudian klik Insert -> Cari Shapes -> lihat dikategori Rectangles -> pilih Rounded Rectangle yang berbentuk persegi panjang yang 4 sudutnya tumpul.
  • Kemudian buat seberti gambar dibawah ini.



  • Kemudian, klik dahulu shapesnya yg sudah dibuat tadi, lalu klik Ctrl + C, kemudian Ctrl + V sehingga shapes menjadi 2 buah, sekarang pisahkan dahulu seperti ini.

  • Kemudian klik shapes pertama tadi, lalu klik format yang terletak dimenu atas sekali. kemudian klik Shape Fill -> No Fill. dan akan menjadi seperti ini.

  • Kemudian sobat letakkan shape yang kedua di atas shape pertama yang tanpa background tersebut sehingga menjadi seperti ini.

  • Nah sekarang kita mulai membuat animasinya. Sobat klik shape kedua yang ada background tadi lalu klik menu Animations yang berada di atas sekali. Cari Custom Animation.
  • Setelah muncul menu yang terletak di samping kanan, sobat klik Add Effect seperti gambar dibawah ini sobat pilih Entrance lalu more Effect.

  • Cari Wipe

  • Klik Oke. Sekarang kita tinggal mengatur animasinya. Biasanya pada awalnya animasi Wipe dari bawah ke atas, sekarang kita atur dari kiri ke kanan dengan cara mengubah seperti gambar dibawah ini menjadi From Left.


  • Nah mungkin sobat sudah dapat melihat hasilnya, namun ini belum selesai karena terlalu cepat, bagaimana menjadi pelan??. masih di daerah sekitar Direction yang saya lingkari pada gambar diatas, sobat tinggal atur Speednya dari Very Fast menjadi Very Slow. Sekarang sobat dapat mencobanya kembali dengan Klik F5.
  • Kenapa animasinya baru berjalan setelah di klik?? sangat mudah, masih seperti cara diatas dan wilayah yang sama, diatas Direction ada Start: On Click nah sobat tinggal ubah menjadi With Previous. nah sekarang lihatlah hasilnya dengan kembali menekan F5 

Jadi seperti itulah animasi loading yang saya buat sendiri, maaf kalau jelek. sobat dapat mengubah sendiri atau merancang ulang tampilan loadingnya dengan menghandalkan Format yang terletak di menu atas sekali. Selamat mencoba

Sekian artikel yang saya buat hari ini semoga bermanfaat bagi sobat semua dan menjadikan sobat lebih kreatif lagi. Jika ada hal yang ingin ditanyakan sobat dapat berkomentar di bawah artikel ini.

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Digg

5 comments

wah keren infonya.. thank .
tak coba nanti pas bikin power point

keren mas visit back and comment http://aguz-kurniawan.blogspot.com/

lel...mantap pocth nya :o
kombek ya om :v

mantap nih buat yang blum tau jadi tau !!!

sob.. mau nanya, klo habis loadingnya langsung kebuka slide selanjutnya itu gimana.. tolong cepat dibalas ya: ernestgb9@gmail.com

Gunakanlah bahasa yang sopan
Tidak mengandung SARA (Agama, Suku, Dll)
Tidak menyertakan link aktif.
Jika melanggar syarat diatas komentar akan saya anggap SPAM
Konvert KodeMember AktifJoin This Blog

Copyright © 2013 - Ori By Djogz - All Rights Reserved

close